Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi meminta satuan kerja perangkat daerah untuk segera mencari solusi mengatasi kesulitan nelayan di pulau-pulau kecil, agar mereka dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

"Saat ini nelayan tradisional di pulau-pulau kecil masih terkendala listrik, balok es dalam meningkatkan kualitas dan hasil tangkapan ikannya," kata Rustam Effendi di Pangkalpinang, Rabu.

Misalnya, kata dia, nelayan di Pulau Tukak Sadai Bangka Selatan belum menikmati aliran listrik, karena belum adanya jaringan listrik di pulau tersebut.

"Kita akan mengupayakan bantuan genset ke masyarakat di pulau-pulau kecil, agar anak-anak nelayan bisa belajar pada malam harinya," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan mencari solusi pemenuhan es balok untuk kebutuhan nelayan dalam meningkatkan hasil tangkapan ikan.

"Kita akan segera mencari solusi balok es nelayan ini, sehingga nelayan tidak perlu lagi kesulitan mencari balok es untuk mengawetkan hasil tangkapan ikannya," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diminta SKPD di pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk segera turun ke lapangan dan melihat langsung kendala dan sarana prasarana yang dibutuhkan masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya.

"Kita terus berupaya melakukan pemerataan pembangunan, guna menekan kesenjangan sosial, ekonomi masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015