Kapolsek Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Iptu Ahmad Mukhlis mengajak seluruh warga ikut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak yang akan digelar pada 25 Oktober 2022.

"Kami mengajak seluruh warga berperan aktif menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing," kata Kapolsek Tempilang Iptu Ahmad Muklis saat melakukan Safari Jumat di Masjid Al - Munawaroh Tanjungniur, Jumat.

Selain itu, kata dia, upaya bersama meningkatkan sinergisitas kemitraan antara Polri dengan elemen masyarakat dalam bentuk kegiatan yang positif juga perlu terus dijaga secara berkelanjutan.

"Pilkades Serentak 2022 di Kecamatan Tempilang nantinya Desa Tanjungniur menjadi salah satu penyelenggara. Semua kandidat adalah warga kita sendiri dan siapapun yang terpilih adalah orang yang mendapatkan amanah dari warga untuk memimpin Desa Tanjungniur," katanya.

Untuk itu, diharapkan seluruh warga untuk menjaga kebersamaan, keamanan dan ketertiban di desa tersebut agar aktivitas masyarakat bisa berjalan normal dan tidak ada gangguan.

Kapolsek juga mengingatkan saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19 sehingga masyarakat diajak untuk bersama-sama melakukan penanggulangan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Kepala Bagian Operasional Polres Bangka Barat Kompol Daniel Albert Tampubolon mengajak partisipasi warga bersama-sama mengawasi pelaksanaan Pilkades serentak yang digelar di 55 desa di seluruh kecamatan di Bangka Barat.

"Kami bersama tim gabungan TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja akan selalu hadir untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan pilkades, namun kami juga butuh dukungan dari seluruh warga agar pesta demokrasi tersebut berjalan lancar, aman dan sesuai dengan aturan," kata Kompol Daniel Albert.
Kapolsek Tempilang Iptu Ahmad Muklis  (Babel.antaranews.com/Donatus DP)

Menurut dia, salah satu hal penting yang patut mendapatkan pengawasan bersama adalah kemungkinan terjadinya praktik politik uang dan isu-isu terkait suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

Kemungkinan adanya praktik politik uang dan isu SARA sangat terbuka karena saat ini sistem sangat terbuka dan akan memberikan dampak luar biasa dalam hubungan antarwarga di kehidupan sehari-hari.

"Praktik ini akan sangat berdampak, namun dengan perkembangan teknologi dan informasi yang ada saat ini kemungkinan pola ini pun akan terlihat," ujarnya.

Polres Bangka Barat juga telah melakukan persiapan pengamanan dengan menyiapkan 200 personel yang akan bertugas menyesuaikan kategori potensi kerawanan di setiap tempat pemungutan suara.

Daniel Albert menyebutkan ada tiga kategori yang akan disiapkan untuk pengamanan Pilkades serentak 2022, yaitu pertama kategori TPS aman akan dijaga dengan pengerahan dua polisi dan dua petugas Linmas untuk 12 TPS, kategori TPS rawan disiapkan dua polisi dan empat Linmas untuk dua TPS, serta kategori sangat rawan dengan menugaskan dua polisi dan dua petugas Linmas untuk satu TPS.

Sebanyak 55 desa yang akan menggelar pemilihan kepala desa, yaitu dari Kecamatan Mentok terdiri dari Desa Airputih dan Airlimau, Kecamatan Simpangteritip terdiri dari Desa Pelangas, Kundi, Mayang, Peradong, Berang, Rambat,Simpanggong, Simpangtiga, Ibul, Pangek, Bukitterak, dan Desa Menduyung.

Di Kecamatan Jebus akan digelar di Desa Jebus, Sungaibuluh, Tumbakpetar, Limbung, Rukam, Ranggiasam, Ketap, Mislak, Pebuar, Sinarmanik, dan Desa Airkuang, sedangkan di Kecamatan Kelapa digelar di Desa Kayuarang, Pusuk, Dendang, Kacung, Sinarsari, Beruas, Tebing, Terentang, Tuik, Tugang, Airbulin, dan Desa Pangkalberas.

Selanjutnya, di Kecamatan Parittiga digelar di Desa Sekarbiru, Telak, Cupat, Bakit, Puput, Airgantang, Kapit, Semulut, dan Desa Teluklimau, serta untuk Kecamatan Tempilang digelar di Desa Tempilang, Tanjungniur, Buyankelumbi, Sangku, Penyampak, Bentengkota, Airlintang, Sinarsurya, dan Desa Simpangyul.

Tahapan pilkades di Kabupaten Bangka Barat dimulai 24 Mei 2022, dan pemungutan suara 25 Oktober, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan yang direncanakan berlangsung pada Desember 2022.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022