Masjid Al Furqon di Komplek Perumahan PT Timah Tbk Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan 1.500 kantong daging kurban secara dor to dor kepada masyarakat kurang mampu di ibukota provinsi itu.

"Hari Raya Idul Adha tahun ini, kami menyembelih 16 ekor sapi dan empat kambing," kata Ketua panita kurban Masjid Al Furqon Tantra Pratama di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan daging hewan kurban sebanyak 1.500 kantong ini dibagikan langsung ke rumah-rumah warga di sekitar Komplek Timah Bukit Baru Pangkalpinang, guna menghindari antrean dan kerumuman masyarakat yang akan berpotensi penularan COVID-19.  

"Dengan dibagikan secara door to door melalui ketua RT masing masing, agar masyarakat tidak antri dan berkerumun," katanya.

Menurut dia penyembelihan hewan kurban usai Sholat Idul Adha 1443 Hijriyah pada pukul 08.00 WIB  ini dilakukan secara bergotong royong oleh panitia. Pembagian hewan kurban ini diharapkan dapat memberikan suka cita bagi masyarakat yang menerima di momen lebaran kurban ini. 

 Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan mengatakan pembagian dan pemotongan hewan kurban merupakan agenda rutin tahunan. 

 "Pemotongan dan pembagian hewan kurban ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan perusahaan. Hal ini sebagai komitmen perusahaan untuk terus berbagi," katanya. 

Menurut dia menghadapi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi, pihaknya melakukan dua kali pemeriksaan hewan kurban sebelum didistribusikan kepada penerima.  

"Kita melakukan pemeriksaan dua kali, pertama saat kita memilih sapinya apakah itu sudah dilengkapi SKKH dan memenuhi persyaratan. Pemeriksaan kedua akan dilakukan saat sapi akan didistribusikan ke masing-masing penerima," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022