Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar seleksi lomba keterampilan tingkat Asia atau "Asian Skill Competition" (ASC).

"Saat ini sedang dilakukan seleksi daerah ASC untuk kemudian kita cari calon kompetitor untuk dikirim ke seleksi nasional September mendatang," kata Kepala Disnakertrans Babel Didik Suprapto di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan, peserta seleksi sebanyak 30 orang yang merupakan siswa-siswi sekolah menengah kejuruan (SMK).

"Kami menyeleksi tiga jurusan yakni Mekatronik, Web Design, dan Restaurant Service, masing-masing jurusan menyeleksi 10 peserta," kata Didik.

Pemenang haruslah siswa-siswi yang memiliki kecakapan dan bakat sesuai dengan jurusan yang dipilih.

"Selain itu, syarat lain adalah mereka yang usianya kurang dari 20 tahun, jadi siswa-siswi yang sudah lulus SMK juga masih diperbolehkan, asal usianya maksimal masih 20 tahun," kata dia.

Dari seleksi tersebut telah dipilih tiga pemenang yang mewakili jurusa masing-masing dan nanti akan dikirim ke tingkat nasional.

Pemenang kategori Restaurant Service berasal dari SMK 3 Pangkalpinang, Jurusan Mekatronik dimenangi mahasiswa Polman Timah, dan Web Design dimenangi oleh siswa SMK 1.

"Diharapkan para pemenang dapat tembus juara nasional dan mewakili Babel di kancah Asia, bahkan dunia," kata Didik.

Sebelumnya, prestasi perwakilan Babel di ASC cukup cemerlang. Pada 2007, perwakilan Babel pernah menjadi juara nasional meski kandas di tingkat Asia.

Sementara pada 2011 perwakilan Babel juga pernah menempati urutan tiga besar nasional.

"Sejak mengikuti ASC pada 1997-an, prestasi siswa-siswi kita selalu baik, tidak pernah lebih dari peringkat 15 besar, itu sangat membanggakan," katanya.

Pewarta: Pewarta: Ida Nurcahyani

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013