Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) atas keberhasilan pemerintah daerah dan masyarakatnya melindungi lingkungan hidup.

"Alhamdulillah, Babel berhasil Penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021," kata Pejabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan Nirwasita Tantra atau Green Leadership ini merupakan penghargaan pemerintah yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinan dan pemahamannya terhadap isu lingkungan, respons kebijakan kepala daerah dalam menjawab persoalan lingkungan hidup, serta inovasi dan kepemimpinan kepala daerah dalam merespon persoalan lingkungan hidup di daerahnya.

"Penghargaan ini tidak semata menjadi akhir cerita, melainkan awal dari sebuah amanah sebagai wujud tanggung jawab untuk membuktikan bahwa penghargaan ini memang pantas kita terima,” ujarnya.

Ia berharap melalui penghargaan ini semua elemen bersinergi mulai dari kepala daerah di tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota untuk menerapkan prinsip green leadership dalam rangka mewujudkan kebijakan dan program daerah yang holistik.

"Semua kebijakan maupun program pemerintah akan lebih terintegrasi dalam mencapai percepatan perbaikan kualitas lingkungan hidup," katanya.

Pada kesempatan ini, ia juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada pemerintah serta DPRD tingkat kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang juga meraih penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Barat dan Kota Pangkalpinang, serta DPRD Kabupaten Bangka Tengah dan DPRD Kota Pangkalpinang yang juga meraih penghargaan yang sama," ujarnya.

Ia menambahkan penganugerahan penghargaan yang telah dimulai sejak 2016, tercatat secara kumulatif 1.137 usulan penerima penghargaan yang terdiri dari 145 usulan dari tingkat provinsi, 691 usulan dari tingkat kabupaten dan 301 usulan dari tingkat kota.

"Pada tahun ini diberikan penghargaan kepada tiga kepala daerah terbaik, tiga DPRD terbaik, dan lima pemerintahan terbaik," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022