Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) oleh  Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dari tingkat Pratama menjadi tingkat Madya.

Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Andi Hundirman dalam keterangan, Minggu mengatakan penetepan Kabupaten Bangka sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) 2022 tingkat Madya diumumkan dalam acara malam penganugerahan KLA di Bogor, Jumat (22/7) malam.

"Penghargaan  KLA yang naik status menjadi Madya, merupakan prestasi hasil kerja keras pemerintah daerah dan seluruh masyarakat wujud dari komitmen untuk menjadikan Kabupaten Bangka menjadi Kabupaten Layak Anak bagi seluruh kehidupan anak-anak," jelasnya.

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama pemerintah daerah untuk menjaga dan meningkatkan penghargaan dari tingkat Madya ke tingkat yang lebih tinggi lagi.
 
Pejabat pemerintah Kabupaten Bangka menunggu penetapan KLA secara daring (babel.antaranews.com)


Selain Kabupaten Bangka, kabupaten lain yang juga berhasil naik peringkat KLA dari kategori Pratama menjadi Madya yakni Kabupaten Kolaka, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Wonogiri.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Bangka Nurita mengatakan, penghargaan KLA merupakan penilaian sistem pembangunan berbasis hak anak.
 
Pengumuman penetapan KLA secara daring (babel.antaranews.com)


"Pengintegrasian komitmen kepala daerah dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dunia usaha, peguruan tinggi, media sosial yang terencana menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhi hak anak," jeasnya.

Menururtnya, ada 24 indikator KLA yang mengacu pada kenvensi hak anak dan peraturan undang undang terkait perlindungan anak sehingga hak anak terpenuhi , anak adalah investasi masa depan bangsa.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022