Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengajak seluruh warga belajar dari puluhan foto sejarah sejarah Pekik Merdeka yang dipamerkan di halaman Museum Timah Indonesia Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

"Dari beberapa foto tersebut saya terkesan dengan beberapa foto tokoh Soekarno yang sangat dekat dengan rakyat, ada beberapa foto yang bisa kita lihat bersama," kata Pj. Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin di Mentok, Selasa.

Ia mengatakan foto Bung Karno saat diasingkan di Kota Mentok sangat terasa kedekatan antara sejumlah pimpinan perjuangan Republik dengan rakyat di daerah itu.

"Pimpinan sangat mesra dengan warga di sini pada saat itu, contoh ini merupakan salah satu modal yang sangat berharga bagi kita untuk membangkitkan perjuangan sebagai bekal pembangunan," katanya.

Ia mengatakan, jejak sejarah masa pengasingan para tokoh Republik di Mentok sangat sedikit, hal ini berbeda dibandingkan catatan sejarah di daerah atau provinsi lain yang catatan dan buku-buku gegap gempita pergerakan-pergerakan kemerdekaan lebih terekam tertib dan baik.

"Namun bagi kita warga Bangka, kesan Bung Karno, Bung Hatta dan para tokoh Republik lainnya yang diasingkan di Mentok sangat mendalam. Sangat terkesan bagi kami yang mengalami peristiwa itu maupun generasi sekarang," katanya.

Beberapa foto mengisahkan kedekatan Bung Karno saat jalan kaki di tengah warga, di dalam pasar, di tengah pasar ikan, mengunjungi warga di tengah kampung, dekat dengan anak anak kecil, menurut Ridwan hal itu merupakan bukti kedekatan antara pemimpin dengan rakyat.

Melalui pameran foto sejarah tersebut diharapkan bisa memberikan peran penting dalam mengenang masa lalu dan membangkitkan perjuangan sebagai bekal pembangunan di masa mendatang.

"Bagi kita warga Bangka Belitung, semangat dan teladan para tokoh Republik itu bisa menjadi modal untuk berperan serta dalam pembangunan ke depan, sesuai dengan potensi diri dan sumber daya alam yang ada di Babel, seperti timah dan lada, serta keunggulan posisi geostrategis wilayah kepulauan ini yang juga akan terus dikembangkan dan menjadi prioritas," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022