Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan uang senilai Rp322 juta untuk beasiswa 408 pelajar SD/MI dan SMP/MTs di daerah itu.

"Ini zakat dari berbagai kalangan termasuk ASN yang kemudian disalurkan untuk biaya pendidikan dalam bentuk beasiswa melalui Baznas," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman usai menghadiri kegiatan penyaluran beasiswa bagi 408 pelajar di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan pemerintah daerah bekerja sama dengan Baznas dalam menjalankan program beasiswa bagi pelajar di daerah itu.

"Pemberian beasiswa ini rutin dilakukan Baznas setiap tahun, tentu ini sangat membantu dan menjadi ladang amal tak terputus bagi mereka yang berzakat," katanya.

Ia meminta beasiswa yang diterima pelajar secara tunai itu dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan.

"Gunakan untuk kepentingan pendidikan, bukan untuk belanja kebutuhan di luar kebutuhan pendidikan," katanya.

Ketua Baznas Bangka Tengah Hasyim Syakroni menjelaskan tahun ini pihaknya sudah menyalurkan beasiswa berprestasi untuk siswa SD dan SMP.

"Total pelajar SD/MI dari 98 sekolah yang menerima sebanyak 294 orang dengan besaran Rp750.000/anak, kemudian murid SMP/MTs dari 38 sekolah yang menerima sebanyak 114 anak dengan senilai Rp1.000.000/anak," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022