Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau warga tetap taat protokol kesehatan walaupun kasus COVID-19 sudah melandai.

"Kasus warga yang terpapar virus COVID-19 sangat melandai, sampai hari ini kita tanpa kasus atau nol kasus corona, namun kami imbau warga jangan terlena dan tetap taat protokol kesehatan," kata Kepala Dinkes Bangka Tengah, dr Anas Maarif di Koba, Minggu.

Anas menjelaskan, hingga hari ini tercatat total warga yang terkonfirmasi positif virus COVID-19 sejak 2019 hingga Mei 2022 tercatat sebanyak 8.136 orang.

Dari angka 8.136 itu, sebanyak 201 orang meninggal dunia dan sisanya dinyatakan sembuh.

"Daerah ini tanpa kasus dalam tiga bulan terakhir, tentu kami bertekad pertahankan itu dan meminta warga tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Anas mengakui, belakangan ini atau sejak Bangka Tengah berada di level kasus corona terlihat warga mulai longgar terhadap protokol kesehatan.

"Terutama penggunaan masker sudah sangat longgar, mencuci tangan saat akan dan selesai beraktivitas juga sudah longgar," kata Anas.

Menurut Anas, kendati pandemi sudah mulai mereda namun masyarakat harus tetap berpola hidup sehat dan taat protokol kesehatan.

"Ini tidak hanya karena pandemi, tetapi untuk menjaga kesehatan dalam jangka panjang, termasuk kegiatan vaksinasi tetap kami gencarkan," katanya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022