Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong masyarakat di semua kelompok usia wajib vaksin agar segera mendapat layanan vaksin pelengkap baik dosis pertama dan kedua.

"Saya mendorong warga yang sudah memperoleh vaksin pelengkap dosis pertama hendaknya dapat mendaftar layanan vaksin pelengkap dosis kedua dua di setiap gerai vaksin," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Senin.

Dia mengatakan, layanan vaksin penguat tahap pertama mencapai 28,64 persen atau 63.273 orang dari sasaran 287.667 orang sedangkan vaksin penguat dosis kedua baru sebanyak 651 orang.

"Untuk vaksin biasa dosis pertama tercapai 82,02 persen atau 235.936 orang dan vaksin dosis kedua 69,60 persen atau 200.209 orang," jelas Boy Yandra.

Sementara realisasi vaksin kelompok anak usia enam sampai 11 tahun dari 32.506 sasaran tercapai vaksin dosis pertama sebanyak 31.032 anak atau 95,47 persen dan dosis kedua 25.808 anak atau 79,39 persen.

Boy Yandra mengakui sampai saat ini yang sudah mendapat layanan vaksin penguat dosis kedua sebanyak 651 orang tersebut berasal dari tenaga kesehatan sedangkan kelompok umum belum ada yang mendaftar vaksin penguat meskipun layanan vaksin dibuka setiap hari.

"Tim kesehatan Kabupaten Bangka bersama TNI dan Polri membuka gerai vaksin di sejumlah tempat untuk mempercepat terealisasi layanan vaksin yang maksimal," jelasnya.

Bahkan kata dia, saat libur di buka gerai vaksin di pusat objek wisata dan gerai vaksin malam hari di pusatkan di Balai Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Kota Sungailiat.

Selain masyarakat diharuskan memperoleh layanan vaksin kata dia, masyarakat juga tetap harus mentaati penerapan protokol kesehatan karena potensi munculnya sebaran virus corona masih terjadi.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022