Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Koperasi  dan UMKM menilai PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) mampu mendorong laju pertumbuhan ekonomi melalui jaminan kredit bagi sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Munculnya keyakinan tersebut didasarkan pada semakin banyaknya UMKM yang mulai mendapat akses keuangan dari perbankan di berbagai daerah, berkat peran Jamkrinda," kata Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Hasanudin di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, UKM di Babel sebanyak 289.310 usaha yang mempunyai peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. UKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan.

"Kerja sama antarpemerintah dan PT Jamkrida mampu meningkatkan ekspansi Bank Babel dalam menopang pembiayan bagi UKM. Apalagi kini banyak pelaku usaha di Babel yang bisnisnya sudah layak, tapi memiliki keterbatasan modal dan  kerja sama ini merupakan jawaban atas kondisi tersebut," katanya.

Menurut dia UKM memiliki peran yang cukup signifikan terhadap perekonomian di tingkat nasional maupun di Babel, namun peran tersebut belum cukup diimbangi dengan tingkat akses mereka terhadap bank.

"Saya yakin, 289.310 UKM yang ada di Babel akan menjadi pengusaha menengah besar melalui dukungan perbankkan, PT. Jamkrida dan bimbingan dari Dinas Koperasi dan UMKM," katanya.

Pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya.

Kebijakan pemerintah ke depan perlu diupayakan lebih kondusif bagi pertumbuhan dan berkembangnya UKM.

Pemerintah perlu meningkatkan peran dalam memberdayakan UKM disamping mengembangkan kemitraan usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015