Menteri Bappenas Republik Indonesia Suharso Monoarfa mengunjungi Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung guna memastikan kesiapan fasilitas perhelatan G20 di Negeri Laskar Pelangi itu.

Menteri Bappenas Suharso Monoarfa bersama rombongan yang terdiri atas Sesmen/Sestama, Deputi Pendanaan, Deputi Sarpras, SKM, Direktur Kerja Sama Pendanaan Bilateral, Direktur Transportasi, Karo Humas setiba di Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin Tanjung Pandan Belitung, Sabtu sore, langsung menuju Base Ops. Pangkalan TNI Angkatan Udara Tanjung Pandan.

Peninjauan dilanjutkan ke jalur umum kedatangan Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin. Kedatangan jalur umum ini akan dikhususkan untuk kedatangan delegasi, terpisah dengan ruang kedatangan jadwal normal.

Menteri Suharso juga sempat meninjau langsung ke landasan selain fasilitas karantina kesehatan yang sudah sesuai dengan standar, toilet, hingga kebersihan.

Bupati Belitung Sahani Saleh menargetkan persiapan DWG 20 di Belitung selesai di akhir Agustus 2022.

Dikatakan pula bahwa perbaikan dan pembangunan infrastruktur khususnya bandara, jalan, sarana dan prasarana publik terus dilakukan agar perhelatan G20 di Negeri Laskar Pelangi ini berjalan sukses.

"Seluruh akses di titik-titik seperti jalan menuju pusat venue hingga destinasi wisata sebagai daya tarik wisata bagi delegasi G20 terus dilakukan pembangunannya dan ditargetkan akhir bulan ini tuntas," ujarnya.

Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa fasilitas yang ada di VVIP ini atas dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, seperti perbankan dan instansi-instansi.

Tak terkecuali, kata dia, Kantor Pangkalan TNI Angkatan Udara sebagai empunya, yang sebelumnya merupakan Base Ops yang beroperasi aktif. Untuk mendukung pelaksanaan G20, ruang pertemuan Base Ops dialih fungsikan sementara usai dilakukan renovasi sebagai ruang VVIP.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022