Sungailiat (Antara Babel) - Komandan Landasan Angkatan Laut (Danlanal) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Letkol (P) Teguh Gunawan menyatakan pihaknya terus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Bangka guna mewujudkan keamanan di laut.

"Koordinasi ini penting kami lakukan agar terbangunnya kerja sama yang baik antara pihak TNI AL dengan pemerintah daerah," kata Letkol Teguh di Sungailiat, Senin.

Dia mengatakan peran serta pemerintah daerah dalam mewujudkan keamanan laut cukup besar karena seluruh nelayan merupakan binaan pemerintah daerah termasuk wilayah laut.

"Hal yang sama akan kami lakukan dengan pemerintah daerah lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, termasuk saling memberikan informasi yang dibutuhkan kedua belah pihak," katanya.

Dia juga mengimbau seluruh masyarakat di daerah itu terutama para nelayan, agar segera memberikan informasi kepada pihaknya atau pihak berwenang lainnya jika mengetahui adanya dugaan pelanggaran di laut.

"Keterlibatan nelayan dalam membantu menjaga dan meningkatkan keamanan di laut dibutuhkan sekali karena selain adanya keterbatasan personel, aktivitas nelayan sering di laut," kata Letkol Teguh.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh atas kerja TNI AL dalam upaya menciptakan keamanan di laut.

"Kami akan petakan wilayah laut yang menjadi kewenangan pihak TNI AL, sehingga sasaran mewujudkan keamanan laut dapat tercapai," kata bupati.

Koordinasi dan saling memberikan informasi antara TNI AL dan pemerintah daerah kata bupati, harus tetap dijaga dan ditingkatkan sehingga pelayanan masyarakat dan peningkatkan pembangunan di laut dapat tercapai sesuai harapan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015