Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyebutkan Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan mengusung tiga tujuan guna pemulihan dan transformasi ekonomi Indonesia.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti saat Media Briefing Side Event G20 DMM di Belitung, Babel, Rabu mengatakan Side Event G20 2022, yang berlangsung 7-9 September ini bertajuk "The Development of Indonesia's Blue Economy Roadmap".

Menurut dia, tiga tujuan tersebut adalah pertama, mengusulkan dan mempromosikan Peta Jalan Ekonomi Biru.

Selanjutnya, menjadi wadah untuk mempelajari praktik terbaik dan kisah sukses negara-negara yang mewujudkan ekonomi biru dan terakhir, membangun kolaborasi potensial dalam desain dan implementasi Peta Jalan Ekonomi Biru Indonesia.

"Peta Jalan Ekonomi Biru ini sebagai salah satu solusi untuk mendukung transformasi ekonomi di tingkat nasional," ujarnya.

Baca juga: Bappenas: Indonesia-anggota G20 akan tanda tangani MoU Kedirgantaraan

Baca juga: Gubernur Bangka Belitung kenalkan wisata kuliner vegetarian ke delegasi G20

Menurut dia, strategi ekonomi biru yang inklusif dan berkelanjutan diharapkan dapat dirancang untuk menyejahterakan masyarakat mengingat Indonesia merupakan negara maritim yang potensi lautnya sangat besar untuk dikelola.

"Perhelatan G20 ini merupakan sebuah kesempatan untuk menegaskan bahwa potensi ekonomi laut Indonesia sangat besar untuk dimanfaatkan secara maksimal," katanya.

Ia menyatakan pemanfaatan potensi ekonomi laut ini tentunya akan berkontribusi signifikan bagi pemulihan dan transformasi ekonomi bangsa, utamanya untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja, produktivitas, dan nilai tambah bagi perekonomian.

Baca juga: Delegasi G20 diajak kunjungi destinasi wisata sejarah tambang timah di Belitung

Baca juga: G20 DMM to discuss blue economy. future of Indonesia's aerospace

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022