Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan edukasi pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak.

"Sebagai langkah awal kami lakukan edukasi dan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk membiasakan para siswa gosok gigi dengan baik dan benar, serta mengajak mereka rutin mengunjungi dokter gigi," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Barat Rosmala Sukirman di Mentok, Kamis.

Kesehatan mulut dan gigi, menurut dia, perlu dijaga agar anak-anak di Kabupaten Bangka Barat sehat, pintar, dan siap menjadi generasi penerus bangsa yang baik.

"Anak-anak harus rajin menggosok gigi, apalagi kalau habis makan permen dan lainnya, minimal berkumur, agar mulutnya terjaga dari bakteri jahat," ujarnya.

Ia mengatakan menjaga kesehatan mulut dan gigi selain sebagai upaya menjaga senyum menawan juga bisa mengurangi berbagai risiko penyakit dan mempertahankan daya ingat di masa tua.

"Menjaga kesehatan gigi dengan kebiasaan gosok gigi dan rutin periksa gigi ke dokter gigi perlu kita ajarkan mulai usia dini," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat Rukiman mengatakan menjaga dan merawat gigi sedari dini penting agar kesehatan mulut dan gigi terjaga sehingga ke depannya anak-anak dapat menjalankan seluruh aktivitas dengan lancar.

"Anak-anak harus selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting. Dengan gigi yang sehat semua aktivitas dapat berjalan dengan baik," kata Rukiman.

Dia juga mengingatkan untuk menghindari kebiasaan buruk yakni mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih karena bisa merusak gigi.

Menurut dia, gigi perlu dilakukan perawatan sejak dini dan rutin sehingga tidak menyebabkan kerusakan yang lebih buruk.

"Sebaiknya kegiatan praktik rutin gosok gigi bagi para siswa dengan pantauan langsung para guru kelas dapat dilaksanakan di seluruh sekolah di Bangka Barat agar anak-anak memiliki gigi bersih dan sehat. Ini penting untuk menyiapkan generasi cerdas dan sehat sehingga ke depan dapat membantu mewujudkan daerah yang maju, sejahtera dan bermartabat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022