Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pangkalpinang menggelar Workshop penguatan kapasitas insan media untuk mendukung kota tanggap ancaman narkoba bertempat di Sun Hotel Kota Pangkalpinang, (21/09).

Workshop dilakukan dalam rangka penanganan permasalahan narkoba di Kota Pangkalpinang serta program penguatan oleh BNN tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Kepala Kesbangpol Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon selaku narasumber dalam kegiatan itu mengatakan bahwa pemerintah kota saat ini sudah memiliki dasar hukum terutama dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Bahkan kata dia, masyarakat  juga mempunyai peran yang sangat luas untuk berperan dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

"Kita ketahui dampak narkotika sudah sangat meresahkan. Oleh karena itu kami dari pemerintah harus mencegah peredaran tersebut melalui aksi P4GN," ujarnya.

Dia menjelaskan P4GN merupakan program yang dicanangkan oleh pemerintah melalui BNN. Tujuannya adalah untuk mengendalikan Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya (NAPZA) dan hal itu diperlukan karena banyaknya penyalahgunaan NAPZA serta peredaran gelap yang terjadi di Indonesia.

"Penyalahgunaan NAPZA termasuk Kejahatan yang luar biasa. Untuk mengatasinya dibutuhkan sebuah aksi yang luar biasa diantaranya adalah membentuk regulasi aturan,melakukan sosialisasi dan membentuk tim terpadu kota/kecamatan serta melakukan pengawasan," katanya.

Dia menambahkan bahwa terkait dengan narkoba peran dan fungsi pers sangat strategis terutama dalam informasi seputar bahayanya penyalahgunaan narkoba terutama kepada masyarakat.

"Kita harap wartawan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat melalui media massa serta tentu dari sumber informasi yang dapat di pertanggung jawabkan," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022