Dinas Pangan dan Pertanian (Dinpanpertan) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka layanan vaksinasi gratis pada binatang peliharaan masyarakat.

"Layanan pemberian vaksin gratis pada binatang peliharaan untuk mencegah penyakit rabies yang disebabkan oleh gigitan binatang di buka sejak Selasa (20/9) sampai hari ini, Kamis (22/9)," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian  Syarli Nopriansyah di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan, layanan vaksin gratis sesuai dengan ketersediaan vaksin hanya diberikan bagi 60 binatang seperti kucing, anjing dan monyet yang dipelihara masyarakat.

Dikatakan, layanan vaksin pada binatang peliharaan penting diberikan meskipun sampai saat ini tidak ditemukan kasus rabies atau penyakit anjing gila yang merupakan penyakit zoonosis.

"Pemberian vaksin merupakan langkah pencegahan dini sebelum terjadi penyakit rabies karena sampai saat ini tidak ditemukan kasus penyakit jenis itu di masyarakat.

Vaksin pencegahan rabies disuntikkan pada binatang peliharaan setahun sekali dengan usia empat bulan, tidak bunting dan dalam kondisi sehat.

Tercatat masyarakat yang mendaftar layanan vaksin rabies pada binatang peliharaan mencapai 69 orang dengan jumlah hewan yang sudah menerima suntik vaksin sebanyak 43 ekor.

Dilihat dari jumlah pendaftar, target 60 ekor binatang peliharaan yang akan mendapat suntik vaksin dapat tercapai. Sebagai besar binatang peliharaan yang memperoleh vaksin adalah kucing.



 




 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022