Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong kaum perempuan agar semakin kreatif dan terampil mengolah ikan sebagai bahan utama untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

"Sebagai penduduk di daerah kepulauan kita perlu terus melakukan inovasi dan kreatif memanfaatkan sumber daya alam yang ada, salah satunya ketersediaan ikan cukup melimpah yang bisa dimanfaatkan tidak hanya memenuhi kebutuhan makan sehari-hari namun juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Kamis.

Guna mendorong pengembangan kreativitas mengolah ikan, kata dia, setiap tahun Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat menggelar lomba masak berbahan dasar serba ikan yang melibatkan kelompok perempuan.

Dari kegiatan itu diharapkan mampu menumbuhkan pelaku usaha baru yang bisa bersaing di tingkat nasional dan internasional.

"Keterampilan dan kreativitas memasak perlu terus diasah agar mereka bisa mengembangkan ilmu yang dimiliki dan membantu perekonomian keluarga," ujarnya.

Selain itu, kata dia, hal yang penting adalah upaya meningkatkan konsumsi ikan masyarakat setempat karena ikan merupakan bahan baku makanan yang halal, sehat dan bergizi.

Dengan adanya peningkatan konsumsi ikan diharapkan mampu menyiapkan generasi penerus yang sehat, cerdas dan tangguh.

"Manfaatkan potensi yang ada agar keluarga semakin sering makan ikan maupun makanan olahan berbahan baku ikan, semoga melalui kegiatan ini juga mampu mendorong perekonomian keluarga," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022