Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubenur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi mengatakan sebanyak 20 investor asal Jepang tertarik berinvestasi mengembangkan pariwisata di Pulau Belitung.

"Kita sudah melakukan pertemuan dengan 20 investor Jepang dan mereka tertarik berinvestasi dan mempromosikan destinasi pariwisata di Pulau Bangka dan Belitung," kata Rustam Effendi di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan kunjungan 20 investor asal Jepang ini atas koordinasi dan kerja sama pemerintah provinsi dengan pemerintah pusat dalam meningkatkan investasi dan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, khususnya Bangka Belitung.

"Kementerian Pariwisata mengarahkan investor asing untuk melihat langsung potensi pariwisata bahari, alam, seni budaya dan lainnya di daerah ini," ujarnya.

Menurut dia program Kementerian Pariwisata sangat menguntungkan dan membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan dan memasarkan potensi pariwisata daerah ke dunia internasional.

"Kami sangat mendukung program-program pemerintah pusat dalam mengembangkan potensi pariwisata dan kunjungan wisatawan asing ke daerah ini," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya telah menginstruksi agar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk berperan aktif dan memberikan informasi dan data-data yang diperlukan calon investor dalam mengembangkan potensi wisata daerah ini.

"Kita harapkan dinas terkait dan pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan informasi potensi wisata yang selengkap-lengkapnya, agar investor asing ini berminat menanamkan modalnya mengembangkan potensi wisata ini," harapnya.

Selain itu, kata dia, diharapkan dinas terkait juga terus melakukan pembinaan kepada pelaku pariwisata dan masyarakat, agar wisatawan yang berkunjung ke daerah ini mendapatkan pelayanan yang terbaik.

"Jika wisatawan nyaman dan puas, tentu mereka akan kembali berkunjung menikmati keindahan pantai, alam, seni budaya daerah ini," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015