Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pasar tani di 17 titik pada seluruh kecamatan, untuk membantu petani memasarkan hasil pertanian dan bagian dari intervensi pasar agar harga bahan kebutuhan pokok lebih stabil.

"Kita sudah gelar pasar tani di seluruh kecamatan, ada 17 titik tersebar di seluruh kecamatan untuk membantu petani dan juga konsumen," kata Bupati Belitung Timur, Burhanuddin di Manggar, Minggu.

Pemkab Belitung Timur menggelar pasar tani untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga bahan kebutuhan pokok yang dipicu oleh kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Intervensi pemerintah terhadap harga kebutuhan pokok di pasar harus diperkuat, karena kondisi harga yang terus melonjak juga akan berimbas terhadap tingginya inflasi," katanya.

Pemerintah daerah juga menggelar operasi pasar bersubsidi bagi keluarga kurang mampu yang sudah digelar secara masif hingga ke pelosok desa.

"Tercatat sebanyak 8.034 keluarga sasaran yang mendapatkan bahan kebutuhan pokok bersubsidi dari pemerintah," katanya.

Selain itu, kata dia, juga digelar operasi pasar terbuka untuk seluruh masyarakat yang digelar di 21 pasar di Belitung Timur.

"Ini sebagai langkah pengendalian harga di tingkat konsumen dan jangan sampai terjadi tingginya inflasi daerah," kata Bupati.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022