Kepolisian Resor Belitung, Polda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar Operasi Zebra Menumbing 2022 selama 14 hari ke depan guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) di daerah itu.

"Operasi Zebra Menumbing dilaksanakan selama 14 hari mulai 3 -16 Oktober mendatang secara serentak di seluruh wilayah Indonesia," kata Kapolres Belitung AKBP Tris Lesmana Zeviansyah saat membacakan amanat Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra dalam apel gelar pasukan Operasi Zebra Menumbing 2022 di Tanjung Pandan, Senin.

Ia mengatakan, Polri telah menetapkan kalender operasi Zebra tahun ini sebagai operasi kewilayahan yang dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

Menurut dia, operasi Zebra Menumbing 2022 bertujuan untuk pendidikan masyarakat berlalu lintas (Dikmas Lantas) sehingga mampu menciptakan situasi Kamseltibcarlantas yang tertib serta mewujudkan rasa simpatik masyarakat terhadap Polri khususnya fungsi lalu lintas.

Operasi Zebra Menumbing 2022 juga diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka fatalitas kecelakaan, dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Karena keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting dimana kesadaran dalam berlalu lintas baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya masih cukup rendah," ujarnya.

Kapolres menambahkan, jajaran fungsi lantas diharapkan mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipatif baik secara taktis, teknis maupun strategis agar mampu merubah pola pikir masyarakat menjadi taat kepada peraturan berlalu lintas.

Hal ini dilakukan agar potensi kecelakaan lalulintas maupun kerugian lain yang ditimbulkan dapat diminimalisir.

Kapolres menekankan, dalam pelaksanaan operasi dengan sandi Zebra Menumbing 2022 para personel dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME sebelum melaksanakan tugas, meningkatkan kewaspadaan dengan mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani SOP yang ada.

Selanjutnya adalah meningkatkan disiplin anggota dengan menghindari tindakan pungli guna mewujudkan pelayanan Polantas yang bersih, melakukan tugas secara baik, tegas dan humanis tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat.

"Selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi Zebra Menumbing tahun 2022," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022