Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung mendukung langkah Komisi Pemberantasan Korupsi dalam mengawasi tata kelola APBD sebagai upaya strategis untuk mengantisipasi kebocoran keuangan daerah.

"Tentu kami memberi dukungan kepada KPK dengan menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih," kata Pejabat Bupati Bangka Tengah, Sunardi di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah berkomitmen menciptakan tata kelola keuangan yang baik dan akuntabel sehingga terbebas dari masalah.

"Kami juga berkomitmen menciptakan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah selalu dikritisi terkait angka korupsi dan kemiskinan serta persoalan lainnya sehingga bis menjadi pelajaran untuk berbuat lebih baik.

"Memang upaya pencegahan lebih baik dibanding mengobati, ini kata kunci dalam mencegah korupsi di semua lini," ujarnya.

Ia mengatakan, komitmen harus dibangun secara bersama untuk memberantas korupsi baik pemerintah, swasta dan masyarakat.

"Berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah daerah di antaranya lelang terbuka melalui sistem elektronik dan pelayanan standar maksimal," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah sudah menyatakan fakta integritas kepada pejabat untuk mendorong akuntabilitas keuangan dan aset daerah.

"Program berbasis kinerja, pengelolaan keuangan yang handal, bersinergi dengan instansi terkait serta kedepankan peran pengawasan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015