Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengapresiasi perusahaan swasta yang telah membantu mengembangkan perekonomian masyarakat desa di sekitar lokasi operasional.

"Kami berikan apresiasi kepada perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT BPL dan PT LWI yang telah ikut membantu memberikan solusi dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan. Kami berharap pola ini bisa dikembangkan di desa-desa lainnya," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, perusahaan tersebut tidak hanya membantu menggerakkan perekonomian, namun juga membina kelompok remaja masjid Dusun Rumpis, Desa Berang, Simpangteritip, untuk menggeluti budidaya lele.

"Kelompok remaja masjid tersebut diberikan pelatihan, pembinaan dan pendampingan budidaya lele dengan pola bioflog. Ini adalah pertama kali remaja masjid dilibatkan dalam kegiatan seperti ini," ujarnya.

Ia berharap kegiatan yang digelar di dusun tersebut bisa menjadi contoh bagi dusun dan desa lain dengan menyesuaikan potensi dan peluang agar usaha yang dijalankan semakin berkembang.

"Saya berharap banyak program ini menjadi program berkelanjutan dan kami akan membantu mengawal usaha ini dari pembibitan hingga pemasaran hasil panen," katanya.

Pejabat Kepala Desa Berang Jumadi mengatakan, Dusun Rumpis tahun ini mendapatkan bantuan program kepedulian perusahaan dari BPL dan LWI sebanyak tiga tahap.

"Tahap pertama berupa bantuan untuk membentuk peternakan itik petelur, yang kedua bantuan mesin penggiling padi dan hari ini diserahkan bantuan budidaya lele pola bioflog," katanya.

Dengan bantuan tersebut diharapkan akan memberikan kesempatan bekerja bagi masyarakat sehingga semakin sejahtera.

"Kegiatan seperti ini juga akan mendukung penguatan ketahanan pangan desa dan jika terus berkembang akan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan warga desa sekitar,"katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022