Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berupaya mempertahankan status UNESCO Global Geopark (UGGp) pada geosite Pulau Belitung.

"Kita sudah menggelar rapat koordinasi persiapan revalidasi UGGp 2024, dalam upaya mempertahankan status," kata Asisten I Sekretariat Pemkab Belitung Timur, Sayono di Manggar, Rabu.

Pemkab Belitung Timur memberikan dukungan segala bentuk kegiatan yang akan dirumuskan oleh kepengurusan BP Geopark Pulau Belitong guna keberlanjutan Pulau Belitong sebagai UGGp.

"Semua kebutuhan revalidasi kita persiapkan dan ini sekaligus evaluasi dari apa yang sudah dilakukan selama ini, jangan sampai terjadi kemunduran atau penurunan," ujarnya.

Menurut Sayono, semua elemen baik pemerintahan maupun masyarakat diharapkan selalu menjaga sinergitas dan sama-sama membantu untuk kembali menyandang pengakuan UNESCO.

"Saya juga mengharapkan koordinasi lintas sektoral antara Pemkab Belitung Timur dan Pemkab Belitung beejalan dengan baik untuk mempertahankan status UGGp ini," ujarnya.

Masyarakat umum, kata dia, juga diharapkan berperan dalam persiapan revalidasi ini dengan partisipasi aktif, menjaga dan memelihara warisan geologi yang ada.

"Geosite yang sudah ada ini tolong dijaga sama-sama. Kawasan-kawasan yang ada jangan dirusak, karena dibalik itu semua banyak keberkahan, setidaknyanya mampu mendongkrak perekonomian masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022