Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh berharap kegiatan "Belitung Beach Run 5K" atau lari tepi pantai sepanjang lima kilometer yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga setempat dapat mempromosikan pariwisata Belitung.

"Kami berharap kegiatan Belitung Beach Run 5K dapat mendukung dan mempromosikan pariwisata Belitung," katanya usai melepas peserta lari di pesisir pantai Tanjung Tinggi, Sijuk, Minggu.

Menurut dia, Pulau Belitung memiliki pesona garis pantai yang indah jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Garis pantai Belitung menawarkan keindahan pasir putih, laut biru, serta formasi bebatuan granit yang telah diakui sebagai Unesco Global Geopark (UGG).

"Kemudian garis pantai di Belitung juga saling terhubung tidak terputus oleh aliran sungai ataupun faktor medan dan alam lainnya," ujar dia.

Bupati Belitung berharap, kegiatan lari tepi pantai sepanjang lima kilometer tidak hanya digelar untuk tingkat lokal saja, namun bisa ditingkatkan menjadi tingkat level nasional dan internasional.

Hal ini didukung oleh keindahan garis pantai yang dimiliki oleh Belitung sebagai 10 destinasi prioritas di Tanah Air.

"Kemudian tidak hanya memperlombakan kategori jarak 5K saja bisa ditingkatkan menjadi "distance" (jarak) 10K dan seterusnya," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Belitung, Junaidi di Sijuk, Minggu mengatakan Belitung Beach Run 5K dilaksanakan guna menjaring pelari berbakat di daerah itu.

"Semoga ini menjadi awal yang baik bagi atlet Belitung untuk meningkatkan prestasi agar ke depan  dapat bersaing lebih baik lagi," ujarnya.

Sebanyak 749 peserta ikut berpartisipasi dalam kegiatan lari tepi pantai tersebut baik peserta dari dalam daerah maupun luar daerah seperti Jakarta, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur.

Junaidi menjelaskan, selain menjaring pelari berprestasi, kegiatan lari tepi pantai tersebut juga mendukung sport tourism (wisata olahraga) di daerah itu.

"Kegiatan lari tepi pantai pada hari ini kami nilai berjalan sukses. Selain menjaring atlet berprestasi, kegiatan ini juga untuk mempromosikan pariwisata Belitung," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022