Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendirikan perpustakaan di seluruh desa untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Seluruh desa diwajibkan memiliki perpustakaan desa, bagi yang belum kita dorong dan yang sudah memiliki SK pendirian gedung perpustakaan agar segera menindaklanjuti dengan pengadaan sarana prasarana," kata Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar di Manggar, Rabu.

Ia menjelaskan perpustakaan desa menempati posisi yang strategis dalam mendukung peningkatan sumber daya masyarakat pedesaan.

"Perpustakaan desa juga merupakan sarana peningkatan kualitas SDM yang mudah dijangkau oleh masyarakat pedesaan," ujarnya.

Khairil meminta perpustakaan desa benar-benar menjadi pusat bacaan masyarakat dengan berbagai pilihan judul buku yang diminati.

"Selain itu, perpustakaan desa juga kami harapkan menjadi pusat informasi terkait dengan situasi dan kondisi desa tersebut," ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur Mudiarsono mengatakan perpustakaan desa dapat menjadi pusat informasi yang lengkap, menarik dan mudah dijangkau sehingga mampu memberi kontribusi bagi pembangunan di desa.

"Sekarang pemerintah sedang menggalakkan transformasi perpustakaan berbasis digital yang sasarannya adalah pelajar dan masyarakat desa supaya mereka lebih memahami terkait dengan program pengembangan literasi berbasis inklusi ini,” ucap Yayan, sapaan akrab Mudiarsono.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022