Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan panen perdana udang vaname skala rakyat di Balai Penangkaran Desa Guntung.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman yang turut hadir dalam kegiatan panen perdana tersebut, Jumat, mengatakan bahwa pembudidayaan udang vaname skala rakyat tersebut merupakan program sosial Bank Indonesia (PSBI).

"Hari ini sudah bisa panen setelah dibudidayakan selama 83 hari dengan ukuran mencapai 48 - 50 ekor/kilogram," ujar bupati.

Selain panen udang vaname, saat bersamaan juga dilaksanakan panen perdana kepiting bakau budi daya sistem crab box apartemen.

"Kepiting bakau dari bibit satu ons bisa panen dengan berat mencapai 3 - 4 ons, dengan harga mencapai Rp90 ribu per kilogram dengan keuntungan mencapai 50 persen," ujarnya.

Kabid Perikanan pada Dinas Pertanian Bangka Tengah, Chazwir mengatakan panen perdana udang vaname mencapai 300 hingga 350 per kolam dengan jumlah benih 22 ribu ekor.

"Kita punya dua kolam yang sudah siap panen, dengan potensi panen untuk dua kolam itu mencapai 700 kilogram," ujarnya.

Chazwir mengatakan, usia udang vaname yang sudah bisa dipanen atau bernilai jual itu dengan usia pembudidayaan minimal 55 hari.

"Usia 55 hari sudah bisa dipanen, sementara udang vaname yang kita panen hari ini dengan usia mencapai 83 hari," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022