Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap merawat dan menjaga keberagaman di Negeri Serumpun Sebalai.

"Selain ada forum kerukunan umat beragama yang merupakan milik pemerintah, RKLA siap merawat keberagaman yang di Bangka Belitung," kata Ketua DPD RKLA Bangka Belitung, Hellyana di Tanjung Pandan, Minggu.

Hal ini disampaikannya usai dilantik menjadi Ketua DPD RKLA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2022-2026.

Kehadiran RKLA diharapkan dapat merawat keberagaman di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang selama ini telah terjalin dengan rukun dan baik.

"Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini termasuk Belitung merupakan daerah yang heterogen karena semua suku ada di sini, Pulau Belitung kecil namun ramai pendatang sehingga menjadikan Belitung benar-benar kota bertuah," ujarnya.

Ia menambahkan, RKLA juga diharapkan berperan membangun pemahaman masyarakat tentang toleransi dan rasa saling menghargai antar umat beragama.

"Harapan kami kedepannya masyarakat lebih memahami apa itu toleransi, kemudian kalau keimanan itu ada di dalam dada dan keyakinan sendiri dan mudah-mudahan iman kita senantiasa terus bertambah," katanya.

Dikatakan dia, pada dasarnya semua agama, suku dan budaya mengajarkan tentang kebaikan tidak ada yang mengajarkan pertengkaran apalagi permusuhan.

"Bagaimana tentang akhlak mulai dan lain sebagainya semua itu diajarkan dalam beragama," ujar dia.

Menurutnya, memasuki tahun politik pihaknya tidak menginginkan dalam pemilu baik pilpres maupun pilkada terjadinya polarisasi atau perpecahan atas agama.

"Kami tidak ingin di pemilu nanti agama menjadi suatu ancaman," katanya.

Ia menyebutkan, jajaran kepengurusan RKLA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2022-2026 akan segera melakukan koordinasi dengan pemerintah dan jajaran forkopimda dalam merawat kerukunan dan keberagaman di Bangka Belitung.

"Intinya RKLA siap melengkapi mana yang kosong akan kami isi dan tambah, demi menjaga kerukunan dan keberagaman di Bangka Belitung," ujarnya.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Rumah Komunikasi Lintas Agama, Bunda Indah di Tanjung, Minggu, berharap, DPD RKLA Bangka Belitung dapat menciptakan "ukhuwah" atau tali persaudaraan lintas agama.

"RKLA harus menjadi pencerminan dan kristalisasi dari keberagaman agama, suku, ras dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022