Aktivitas pendidikan kini  tidak bisa terlepas dari peranan perangkat teknologi. Pembelajaran di era digital menjadikan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau  Information and communication technology (ICT) menjadi komponen utama untuk memenuhi kebutuhan zaman. Pemanfaatan TIK memberi warna pembaharuan untuk mengatasi berbagai permasalahan materi pembelajaran yang sulit dipahami agar lebih kondusif sehingga peran guru dan siswa untuk berkolaborasi menciptakan pembelajaran yang lebih harmonis dan maksimalkan era ini untuk memperdalam ilmu teknologi. Karena dalam era selanjutnya, teknologi akan terus berkembang maka peran para pendidik untuk memperjuangkan peserta didik  dan generasi selanjutnya menuju cakrawala pemahaman teknologi yang edukatif, efektif dan efisien.

Sejak pandemi COVID - 19 , berbagai inovasi pemanfaatan TIK diterapkan kepada peserta didik, sehingga sejak saat itu media pembelajaran berbasis TIK menjadi kebutuhan utama.  Salah satu komponen pembelajaran yang erat hubungannya dengan TIK adalah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan wahana interaktif antara guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Inovasi dalam pembuatan media pembelajaran mengoptimalkan kualitas guru untuk membentuk siswa siswi yang mandiri dan lebih kreatif. Daya tarik media pembelajaran merupakan komponen yang harus selalu diperhatikan, selain itu efektifitas pemanfaatan media dalam mencapai tujuan pembelajaran juga harus lebih diperhatikan.

Terkadang tanpa kita sadari pembelajaran yang monoton tanpa media pembelajaran yang variatif akan menurunkan kualitas seorang pendidik sehingga otomatis kualitas peserta didik tidak kita perhatikan dan itu menjadi cambukan bagi pendidik untuk mengubah pola mengajar dengan memberikan sentuhan media pembelajaran yang menarik dapat membangkitkan motivasi dan minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan baik.

Guru harus tetap mengambil tanggung jawab atas perubahan terbaru dalam proses pembelajaran di kelas. Pemahaman guru-guru akan media pembelajaran ini dapat membantu peserta didik dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan menarik. Media Pembelajaran yang di berikan oleh guru bukan hanya melalui komputer tetapi juga bisa melalui Handphone android. Dibandingkan komputer,  beragam aplikasi media pembelajaran yang menarik bisa didapatkan dengan mudah oleh guru dan peserta didik melalui Handphone android,

Penggunaan animasi dalam media pembelajaran merupakan salah satu inovasi yang bisa dilakukan , bersifat interaktif dan memiliki daya tarik yang cukup besar agar siswa lebih bersemangat dalam belajar  apalagi untuk materi materi pelajaran yang sulit dipahami.

Penggunaan animasi sebagai media pembelajaran harus dirancang dengan baik. Penggunaan animasi yang tepat bisa memberikan manfaat dan dampak positif contohnya menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkret, Menunjukkan dengan jelas suatu langkah yang prosedural. Pemanfaatan animasi dalam berbagai pelajaran yang ada di sekolah bisa dimanfaatkan sebagai media hiburan dan media presentasi.

Berbagai aplikasi pemanfaatan animasi dalam media pembelajaran yang ada di playstore handphone android yang bisa digunakan untuk pembuatan video animasi contohnya canva : Desain foto dan video, flipa Clip (animasi kartun), stickman (menggambar animasi), piscart animator (Gif dan video), animation desk (cartoon dan gif), TweenCraft (animation dan comics), dan sebagainya. Sedangkan berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video animasi di komputer seperti adobe flash, adobe animate, blender, Autodesk 3ds Max.

Para pendidik bahkan peserta didik , maksimalkan era ini untuk memperdalam ilmu teknologi. Ketika guru dapat menerapkan animasi sebagai media pembelajaran yang menarik dan edukatif. Berbagai disiplin ilmu bisa memanfaatkan animasi dalam media pembelajaran. Tidak ada kata malas ataupun susah, semua itu bisa dipelajari asalkan tekad yang kuat untuk belajar dari guru tersebut. Guru juga bisa menularkan ilmunya kepada peserta didik sehingga mereka bisa berkarya dan berprestasi. Untuk menjadi sistem pendidikan yang lebih tangguh, adil dan inklusif. Sehingga memanfaatkan teknologi secara penuh dan utuh.

Yang terpenting dalam  pendidikan sekarang dan selanjutnya adalah para guru berada di pusat pendidikan pembaharuan . Guru dengan pengakuan dan dukungan profesional untuk berkolaborasi dan berinovasi akan membawa pengaruh yang kuat pada masa depan pembelajaran. Sehingga peserta didik tidak hanya sebagai pihak yang menerima materi pembelajaran saja akan tetapi mereka juga bisa berimprovisasi dan berinovasi dalam dunia pendidikan dengan sangat baik.

LYLA NESVI,S.Si adalah guru SMKN 2 Sungailiat, Kabupaten Bangka Kepulauan Bangka Belitung

Pewarta: LYLA NESVI,S.Si

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022