Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitug, mengajak perajin yang menghasilkan produk kreatif untuk terus meningkatkan kemampuan bisnis.

"Tingkatkan kompetensi dan kemampuan bisnis untuk bisa mengembangkan pasar dan mengelolanya dengan baik," kata Ketua Dekranasda Bangka Tengah, Eva Algafry usai menghadiri kegiatan pelatihan pemasaran dan produk bagi perajin kreatif di Koba, Sabtu.

Eva menjelaskan, produk kreatif yang dihasilkan para perajin di daerah itu memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi keluarga.

"Apalagi kita merupakan daerah tujuan wisata, tentu membutuhkan produk kreatif yang bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat," katanya.

Ia juga mengatakan, perajin harus sering mengikuti pelatihan agar lebih profesional dan tekun sehingga berdampak terhadap produk yang dihasilkan tidak kalah bersaing dan menjadi ciri khas daerah untuk dikenal masyarakat luas.

"Kita siap mendukung penuh kegiatan industri kerajinan yang ada di Bangka Tengah melalui kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemkab Bangka Tengah," ujarnya.

Kabid Perindustrian pada Disperindagkop-UKM Bangka Tengah, Suhendry mengatakan pelatihan tersebut memberikan pengetahuan secara teknis terkait kreativitas produk.

"Kita memiliki objek wisata yang cukup banyak dan diharapkan di setiap tempat wisata kita memiliki souvenir dari kerajinan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga berharap ke depan muncul para perajin baru yang dapat berperan dalam pengembangan industri kerajinan.

"Pengembangan produk kreatif jelas mendapat dukungan penuh dari pemerintah karena mereka pelaku bisnis yang cukup banyak menyerap tenaga kerja," katanya.


 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022