Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengakomodasi 400 rumah warga yang menjadi sasaran program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR.

"Hingga sekarang kita sudah mencatat sebanyak 400 rumah sudah diakomodasi dan menjadi sasaran program BSPS yang tersebar pada seluruh atau enam kecamatan," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin.

Ia menjelaskan pada pelaksanaan program BSPS tahap I terdapat 100 rumah yang menjadi sasaran dan sekarang tahap II tercatat 300 rumah sehingga total 400 rumah.

"Kami hanya perpanjangan tangan saja, karena bantuan itu berupa uang senilai Rp20 juta langsung ditransfer ke rekening penerima oleh lembaga perbankan penjamin," kata dia.

Ia menjelaskan dari bantuan Rp20 juta itu dengan rincian Rp17,5 juta dalam bentuk bahan dan Rp2,5 untuk upah.

Algafry juga minta masyarakat bergotong royong dalam merenovasi rumah sehingga dapat menekan biaya untuk upah tukang.

"Saya juga meminta penerima manfaat dari program BSPS bisa mengelola anggaran senilai Rp20 juta itu secara efektif," katanya.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Bangka Tengah Fani Hendra Saputra menyatakan pihaknya terus memantau rumah yang menjadi sasaran program BSPS.

"Kita terus pantau dan kami pastikan sebanyak 400 unit rumah yang mendapatkan bantuan, bisa menempati hunian yang lebih nyaman," kata dia.

Ia meminta pemilik rumah menyampaikan kepadanya jika ada kendala dalam pembangunan.

"Jika ada kendala dalam pembangunan, masyarakat bisa berkonsultasi ke Disperkimhub atau satuan tenaga kerja yang menaungi," kata dia.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022