Kementerian Sosial RI melalui Sentra Abiyoso di Cimahi memberikan layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi 179 keluarga sasaran di Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami menyalurkan bantuan berupa uang senilai Rp348.225.500 bagi 179 keluarga yang masuk program Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS)," kata Kepala Sentra Abiyoso Cimahi Agung Hendrawan di Manggar, Rabu.
 

Ia mengatakan wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Belitung Timur dan Belitung, dan nominal bantuan ATENSI serta jenis bantuannya berbeda-beda untuk setiap PPKS.

"Beda-beda, kita kan asesmennya disesuaikan dengan kebutuhan. Kita lihat di lapangan seperti apa kebutuhannya,” kata Agung.

Ia menjelaskan ATENSI merupakan layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas, dan/atau residensial.

"Kegiatan sosial berupa kegiatan dukungan pemenuhan hidup yang layak, perawatan sosial dan pengasuhan anak, dukungan keluarga, terapi fisik, terapi psikososial, terapi mental spiritual, pelatihan vokasional, pembinaan kewirausahaan, bantuan, dan asistensi sosial serta dukungan aksesibilitas," ujarnya.

Ia mengatakan ATENSI menitik beratkan pada perubahan paradigma dari pelayanan sosial sektoral/ fragmentaris menjadi pelayanan sosial terpadu dan berkelanjutan (one stop services/single window services).
 

Kemudian, kata dia, menjangkau warga yang mengalami masalah sosial (pendekatan universal) dan strategi inklusif, merespons masalah secara komprehensif, terstandarisasi dan profesional, sehingga siapapun PPKS yang mengalami permasalahan sosial akan mendapatkan layanan.

"Program bantuan ATENSI ini sejak 2021. Diharapkan tahun depan program ini akan terus berjalan," kata Agung.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022