Ketua Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andi Fikri menyatakan PT Timah Tbk sudah 67 tahun menjadi donatur tetap guna mendukung pendidikan anak disabilitas di daerah itu.

"Kami mengapresiasi PT Timah Tbk yang selalu mendukung pendidikan anak-anak penyandang disabilitas di Provinsi Kepulauan Babel ini," kata dia di Pangkalpinang, Sabtu.

Sejak YPAC Pangkalpinang berdiri pada 1995, katanya, PT Timah Tbk telah menjadi donatur tetap untuk mendukung pelaksanaan pendidikan anak-anak yang mengalami berbagai ketunaan, seperti tuna rungu, tuna daksa, tuna grahita, dan autis.

"Pada 1955 adanya YPAC ini juga atas inisiasi PT Timah Tbk, sehingga bisa bertahan hingga saat ini. Dukungan PT Timah Tbk tidak pernah berhenti dari sejak berdirinya hingga saat ini, artinya sekitar 67 tahun PT Timah Tbk membantu Yayasan YPAC Pangkalpinang," ujarnya.

Menurut dia, dukungan PT Timah Tbk untuk YPAC Pangkalpinang seperti gedung YPAC Pangkalpinang yang merupakan sekolah bagi anak-anak disabilitas ini merupakan aset PT Timah Tbk.

PT Timah Tbk juga rutin setiap bulan memberikan bantuan operasional untuk mendukung proses pendidikan dan sarana pendidikan di YPAC Pangkalpinang.

"Yayasan YPAC Pangkalpinang menerapkan sistem subsidi silang untuk pembiayaan, karena banyak yang kurang beruntung secara ekonomi bersekolah di sini. Untuk mendukung operasional ini, PT Timah Tbk setiap bulan memberikan bantuan untuk mendukung berjalannya proses pendidikan di yayasan ini," katanya.

PT Timah Tbk juga rutin membantu kegiatan pengembangan anak-anak di  YPAC Pangkalpinang, seperti untuk kegiatan lomba dan hiburan.

"Tidak hanya kegiatan pendidikan, tapi juga kegiatan untuk anak-anak ikut perlombaan seperti lomba atletik dan kegiatan yang lainnya. Bahkan tahun lalu, PT Timah Tbk juga ikut memeriahkan peringatan Hari Disabilitas Internasiona," ucapnya.

Andi Fikri juga menyebutkan PT Timah Tbk memfasilitasi anak-anak disabilitas untuk mengembangkan bakat olahraga dengan dipinjamkan GOR Stannia untuk proses latihan para penyandang disabilitas.

"Anak-anak juga diperbolehkan untuk latihan olahraga di GOR PT Timah Tbk, untuk mengembangkan bakat olahraga mereka. PT Timah Tbk menjadi satu-satunya BUMN yang konsisten membantu pendidikan anak berkebutuhan khusus di Yayasan YPAC Pangkalpinang," sebutnya.

YPAC Pangkalpinang hingga saat ini terus berkembang, antara lain saat ini memiliki Rumah Tumbuh Kembang Anak (RTKA) untuk mendukung proses pendidikan dan terapi anak-anak disabilitas.

"Ke depannya, kami berharap anak-anak disabilitas juga tidak mendapatkan perlakuan berbeda di lingkungan masyarakat. Pasalnya, anak-anak disabilitas memiliki banyak kelebihan," katanya.
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022