Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan program Jelajah Menumbing sebagai agenda tahunan yang diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Jumlah peserta jelajah Menumbing dari tahun ke tahun bertambah, bahkan tahun ini mencapai lebih dari 1.000 orang dari dalam dan luar daerah," kata kepala bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Eko Nugroho di Muntok, Kamis.

Menurut dia, suksesnya pelaksanaan kagiatan lomba dalam dua tahun terakhir patut diapreasi positif semua pihak dan diharapkan pada pelaksanaan tahun-tahun berikutnya semakin meriah.

"Ke depan kami yakin pelaksanaan semakin meriah karena sudah ada satu perusahaan perlengkapan olahraga yang siap ambil bagian dalam kegiatan tersebut," kata dia.

Ia mengatakan, meningkatnya jumlah peserta kegiatan lintas alam merupakan kesempatan untuk mengenalkan berbagai potensi wisata yang dimiliki daerah yang berada di ujung barat Pulau Bangka tersebut.

Menurut dia, berdasarkan dua kali pelaksanaan terakhir kegiatan tersebut memberi dampak cukup signifikan bagi jumlah kunjungan ke beberapa objek wisata unggulan yang ada di daerah.

"Para peserta dari luar daerah biasanya menginap satu atau dua malam sebelum acara digelar dan mereka memanfaatkan memanfaatkannya untuk mengunjungi objek wisata yang ada di Muntok," kata dia.

Selain itu, kata dia, para peserta dari luar daerah juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata daerah saat mereka kembali ke daerah asalnya.

"Promosi dari mulut ke mulut cukup efektif untuk menarik wisatawan datang ke Muntok, untuk itu kami harapkan ke depan masyarakat lebih berperan aktif agar pengunjung mendapatkan pelayanan yang lebih baik," kata dia.

Menurut dia, peran aktif masyarakat dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan akan memberikan dampk positif bagi perkembangan pariwisata di daerah itu.

Dari kegiatan tersebut, kata dia, masyarakat juga bisa memanfaatkannya dengan menyiapkan berbagai kebutuhan pengunjung, baik dari sektor jasa angkutan, kuliner, oleh-oleh dan lainnya.

"Ke depan kegiatan tersebut akan kami laksanakan bertepatan dengan  hari besar nasional, misalnya Hari Sumpah Pemuda atau Hari Pahlawan agar lebih meriah dan bermakna dalam mendekatkan peserta dengan sejarah besar yang ada di Muntok," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016