Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi, mengakui sulit membangun daerah tanpa dukungan pers, karena itu program wartawan berkompeten perlu didukung.

"Saya akui peran pers sangat penting, sulit bangun daerah tanpa dukungan media massa," katanya saat menghadiri acara sosialisasi wartawan kompeten di kantor gubernur setempat, Selasa.

Ia menjelaskan, pers dapat mendorong pembangunan di segala bidang melalui karya junarlistik yang dihasilkannya.

Untuk itu pemerintah daerah mendukung penuh adanya komitmen dari Dewan Pers menjadikan wartawan berkompetensi agar kiprah pers sesuai dengan fungsinya, ujarnya.

Menurut dia, kompetensi bagi wartawan itu sangat penting agar mereka mampu menjalankan tugas sesuai fungsi dan undang-undang pers.

"Kami berharap wartawan dapat menunjukkan kinerja secara profesional, sehingga ada tolok ukur yang jadi pedoman dalam menjalankan tugasnya," ujarnya.

Ia mengatakan, wartawan sebagai profesi terhormat wajib melindungi hak dan kehormatan masyarakat.

"Justeru itu saya mengajak kalangan pers mari bersatu dalam membangun daerah sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing," ujarnya.

Ia mendukung penuh aktivitas wartawan sebagai pekerja profesi untuk menghasilkan karya jurnalistik yang profesional.

Sosialisasi wartawan kompeten menghadirkan pihak dari Dewan Pers, Wina Armadi dan Ilham Bintang yang diikuti sejumlah anggota PWI dan sejumlah undangan dari instansi pemerintahan dan swasta.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016