Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meraih peringkat ke-4 provinsi dengan predikat informatif dari Komisi Informasi (KI) Pusat karena dinilai baik dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, penghargaan ini diserahkan langsung Menkopolhukam (Mahfud M.D.) pada Rabu malam (14/12) di Jakarta," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel Naziarto di Pangkalpinang, Kamis.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyerahkan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2022 tersebut kepada Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Naziarto mengatakan dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2022 tersebut, Pemprov Kepulauan Babel berhasil meraih penghargaan peringkat ke-4 terbaik informatif dengan nilai 98,43, yang disusul Provinsi Sulawesi Selatan dengan nilai 98,21 di peringkat ke-5.

"Kami bersyukur kepada Allah Swt atas segala capaian ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo Kepulauan Babel atas raihan ini. Semoga prestasi ini terus meningkat dari tahun ke tahun," tambahnya.

Di 2020, Pemprov Kepulauan Babel menduduki peringkat ke-7 dan di 2021 naik ke peringkat ke-6. Kini, di 2022, Pemprov Kepulauan Babel kembali naik menduduki peringkat ke-4.

Artinya, lanjut Naziarto, apa yang sudah dilakukan Diskominfo Kepulauan Babel, sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama, dan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya, selaku PPID Pelaksana, telah berhasil memberikan informasi transparan kepada masyarakat.

"Saya berharap dengan memberikan informasi yang transparan dan akuntabel, membuat kepercayaan publik kepada Pemerintah semakin meningkat. Namun, hal itu juga harus ditunjang dengan mengubah mind set sikap ASN yang bukanlah orang yang harus dilayani, melainkan mesti melayani seluruh lapisan masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Provinsi Kepulauan Babel Sudarman mengatakan meskipun berhasil mendapat prestasi tersebut, masih banyak pekerjaan rumah yang perlu perbaikan.

"Kita harus mengejar manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat dari KIP tersebut, misalnya informasi terkait pendidikan, sosial, dan lain sebagainya," katanya.

Pencapaian tersebut berkat dukungan seluruh OPD selaku PPID Pelaksana. Sehingga, untuk meningkatkan prestasi tersebut kedepannya, Pemprov Kepulauan Babel akan lebih mendorong PPID Pelaksana untuk lebih aktif dalam menyiapkan informasi yang dibutuhkan publik.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran PPID yang bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang membanggakan ini," ujar Sudarman

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022