Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pendataan terhadap warga yang layak menjadi peserta program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR.

"Program BSPS tetap dijalankan pada 2023, kembali dilakukan pendataan untuk mendapatkan jumlah warga yang menjadi sasaran program BSPS pada 2023," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Sabtu.

Bupati mengatakan, pada 2022 tercatat sebanyak 438 keluarga yang menjadi program BSPS dan semuanya sudah tersalurkan tepat sasaran.

"Justeru itu pada 2023 kembali didata, jangan sampai mereka yang sudah dibantu kembali mendapatkan dana renovasi rumah dari program BSPS ini," kata bupati.

Bupati menjelaskan, program BSPS itu berupa bantuan dana untuk renovasi rumah penduduk agar lebih layak huni dengan nominal Rp20 juta/kepala keluarga dengan rincian Rp17,5 juta untuk material dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

"Terkait bantuan BSPS ini, saya berpesan kepada warga sasaran dapat digunakan dana itu dengan baik, tepat sasaran, jangan dibelanjakan untuk keperluan selain merenovasi rumah," ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Bangka Tengah, Fani Hendra Saputra mengatakan realisasi program BSPS di daerah itu merupakan terbanyak dibandingkan dengan daerah lainnya di Babel.

"Bahkan Bangka Tengah menjadi pelopor dari pelaksanaan program BSPS 2022, hingga sekarang sudah terealisasi untuk 438 rumah," katanya.

Ia mengatakan jika nantinya ada kendala dalam proses perbaikan rumah, warga bisa langsung berkonsultasi ke Disperkimhub atau satnaker yang menaungi.

"Bapak ibu, jika ada kendala nantinya bisa dikonsultasikan bersama. Pokoknya Disperkimhub dan satnaker dari Kementerian PUPR akan selalu membantu," ujarnya.

Selain program BSPS, pihaknya juga sudah merealisasikan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang anggarannya bersumber dari APBD 2022.

"Untuk program RTLH tahun ini sudah terealisasi sebanyak 55 unit rumah dengan biaya Rp60 juta/unit," kata mantan Kabag Humas Pemkab Bangka Tengah itu.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022