Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung masyarakat yang membudidayakan rumput laut di Kecamatan Riau Silip karena perairan laut setempat cocok bagi komoditas tersebut.

"Kondisi perairan di Dusun Tuing Kecamatan Riau Silip, pun mendukung pertumbuhan komoditas tersebut," kata Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah di Sungailiat, Senin.

Menurut dia, saat ini masyarakat pesisir belum terlalu berminat mengembangkan rumput laut dan masih mengandalkan hasil tangkapan ikan di laut.

"Sebenarnya prospek pembudidayaan rumput laut ini sangat menjanjikan, karena kondisi geografis daerah yang dikelilingi laut, pantai yang masih alami dan tidak membutuhkan biaya besar dan perawatan khusus dalam mengelola dan merawat tanaman rumput laut tersebut," katanya.

Begitu juga Pantai Tuing, kata dia, lokasinya yang jauh dari penambangan sangat cocok dijadikan sentra pembudidayaan rumput laut.

"Pantainya masih jernih dan alami dan jauh dari gangguan sehingga cocok sekali untuk pembudidayaan rumput laut," katanya.

Menurut dia, potensi rumput laut di pantai Bangka ini sangat menjanjikan jika dimaksimalkan secarah baik dan terarah.

"Sekarang penampung untuk membeli rumput laut ini sudah ada, tinggal kemauan dari masyarakatnya untuk membudidayakan rumput laut ini, apabila di tekuni dengan benar akan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat kearah yang lebih baik," katanya.

Selain bernilai ekonomis, kata dia, pembudidayaan rumpu laut ini juga sebagai salah satu alternatif menjaga kelestarian laut.

"Saya berharap pembudidayaan rumput laut ini akan terus berkembang di daerah-daerah pesisir lainnya," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016