Jumlah penumpang pesawat di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, naik sekitar 15 persen menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Jumlah penumpang pesawat menjelang perayaan Natal dan tahun baru naik sekitar 15 sampai 20 persen," kata Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin, Khaerul Assidqi di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, jika pada hari-hari biasa jumlah penumpang di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung sebanyak 1.500 sampai 1.600 penumpang,  menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 naik menjadi 1.800 sampai 1.900 penumpang dalam sehari.

"Kami mencatat saat ini jumlah penumpang mengalami kenaikan sekitar 15 sampai 20 persen," ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah pergerakan pesawat di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung tercatat sebanyak 14 pergerakan dalam sehari. "Lima rute Tanjung Pandan menuju Jakarta dan dua rute Tanjung Pandan menuju Pangkal Pinang," katanya

Khaerul menyebutkan, sampai saat ini belum ada maskapai yang mengajukan penambahan jadwal penerbangan. Pihak maskapai masih melihat dan memantau situasi pergerakan penumpang di bandara tersebut. "Belum ada yang mengajukan extra flight (penambahan penerbangan), masih melihat situasi," ujarnya.

Ia memperkirakan, puncak arus mudik Natal di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin terjadi pada Jumat (23/12) dan arus balik libur Natal dan tahun baru terjadi pada, Minggu (1/1). "Karena bertepatan dengan berakhirnya masa libur sekolah," ujarnya
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022