Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah kunjungan lintas tamu hotel di daerah itu  mencapai 48.272 orang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Maddona dalam keterangan resmi, Selasa.

Dikatakan, jumlah kunjungan lintas tamu terhitung dari Januari sampai November 2022 tersebut mengalami peningkatan sebesar 15,4 persen dibanding jumlah kunjungan yang sama tahun 2021 sebanyak 40.815 orang.

Puluhan ribu tamu hotel yang tercatat berdasarkan 19 hotel yang disediakan itu termasuk di dalamnya puluhan tamu wisatawan dari mancanegara.

Lintas kunjungan tamu hotel selama periode Januari sampai November 2022, kata Rismy, terdata angka terendah tamu hotel terjadi pada April 2022 yang hanya sebanyak 2.647 orang dibanding pada bulan sebelum dan sesudahnya.

"Diketahui wisatawan mancanegara umumnya lebih memilih menginap di hotel yang berdekatan langsung dengan pantai seperti hotel Tanjung Pesona dan hotel Parai Beach Resort," jelasnya.

Kumulatif lintas kunjungan tamu hotel dalam kurun waktu itu, diprediksi masih akan mengalami peningkatan pada bulan Desember 2022 dimana banyak wisatawan masuk ke Kabupaten Bangka untuk menikmati tahun baru.

Grafik meningkatnya tamu hotel menunjukkan objek wisata di Kabupaten Bangka yang terkenal cukup indah banyak diminati wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Tahun 2023 mendatang ditargetkan jumlah wisatawan meningkat seiring agenda kepariwisataan yang cukup banyak serta kondisi severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang sudah mulai mereda.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022