Muntok (Antara Babel) - PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berencana menambah dermaga untuk meningkatkan pelayanan penyeberangan jalur yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera.

"Meskipun masih terlalu dini, namun secara lisan kami sudah menyampaikan rencana pembangunan dermaga tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Barat untuk kerja sama ke depannya," kata Manajer Usaha PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian, Agus Kartiwan di Muntok, Kamis.

Ia menjelaskan, sejak Pelabuhan Tanjungapiapi, Sumatera Selatan beroperasi sekitar dua tahun lalu, volume penyeberangan yang memanfaatkan jasa kapal feri di jalur tersebut mengalami kenaikan cukup signifikan.

"Dalam setahun terakhir kami mencatat ada peningkatan volume kendaraan logistik lebih dari 10 persen dibandingkan sebelum Pelabuhan Tanjungapiapi dibuka, kami yakin ke depan akan terus meningkat," kata dia.

Menurut dia, masih tingginya ketergantungan pasokan berbagai bahan kebutuhan pokok dan berbagai bahan lain masyarakat Pulau Bangka dari luar daerah menjadi alasan jalur pelayaran yang menyeberangi Selat Bangka tersebut akan semakin ramai.

Selain itu, ke depan jika jalan yang menghubungkan Pelabuhan Tanjungapiapi ke Palembang sudah ditingkatkan dan semakin baik, maka akan semakin banyak penumpang yang memanfaatkan jasa pelayaran di jalur tersebut.

"Dengan adanya peningkatan jumlah penumpang barang dan orang, kami juga akan meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana agar pelayanan semakin nyaman," kata dia.

Menurut dia, salah satu bentuk peningkatan pelayanan tersebut adalah ketersediaan dermaga yang semakin baik di Pelabuhan Tanjungkalian.

"Saat ini kami baru memiliki satu dermaga, ke depan jika semakin ramai akan tambah satu lagi, namun hal ini masih ada sedikit kendala yaitu keterbatasan lahan yang dimiliki PT ASDP. Untuk itu mulai saat ini kami sudah membicarakan kendala ini dengan Pemkab setempat," kata dia.

Ia mengatakan, ke depan PT ASDP berharap agar Pemkab setempat bisa menyediakan lahan yang berada di samping pelabuhan untuk dibangun dermaga baru.

"Kami berharap kerja sama tersebut bisa berjalan dengan baik dan pelayanan penyeberangan juga semakin meningkat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016