Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan cek fisik bangunan Pasar Kelapa sebagai persiapan rencana renovasi pasar tradisional tersebut.

"Peninjauan ke Pasar Kelapa ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang dilakukan beberapa waktu lalu terkait rencana renovasi bangunan pasar dan penambahan beberapa fasilitas pendukung lain di lokasi itu," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Selasa.

Peninjauan dilakukan untuk mengetahui kondisi struktur dari petak bangunan pasar, selokan pembuangan air di sekitar bangunan pasar, toilet umum, hingga pada bangunan pasar di lantai dua.

"Dari hasil cek lokasi ini akan kita susun ulang untuk menentukan konsep perencanaan renovasi agar ke depan pasar semakin nyaman, aman dan sehat untuk dikunjungi," katanya.

Selain cek bangunan dan lingkungan sekitar pasar, tim juga melakukan peninjauan di terminal Kelapa yang bersebelahan persis dengan pasar tersebut yang rencananya juga akan diperbaiki.

Peninjauan dilanjutkan ke sepanjang jalan utama menuju pasar hingga Tugu Burung, Kelapa.

"Kawasan tugu simbol Kecamatan Kelapa ini juga akan direnovasi tanpa mengubah simbol tersebut. Di sekitar tugu akan disediakan tempat untuk berkumpul warga yang menarik dan asri," katanya.

Sebelumnya, Bong Ming Ming menyatakan Pasar Kelapa memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan sehingga butuh perbaikan dan dukungan dari sisi manajemen.

Pasar Kelapa berada di perbatasan antarkabupaten memiliki posisi strategis untuk menjadi pasar pengumpan berbagai jenis barang yang dipasok dari Pangkalpinang dan Bangka.

Sedangkan untuk Terminal Kelapa, Pemkab Bangka Barat di tahun 2023 sudah menyiapkan rencana perbaikan berbagai fasilitas pendukung untuk meningkatkan pelayanan, antara lain berupa pembangunan Kantor Perhubungan yang berada di tengah terminal, taman dan rehabilitasi puluhan unit rumah toko, lengkap dengan tempat istirahat dan fasilitas enam buah toilet umum.

Terminal Kelapa memiliki posisi strategis untuk dijadikan tempat istirahat bagi para pengemudi yang melakukan perjalanan dari Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok menuju Kota Pangkalpinang maupun sebaliknya, karena tepat berada di tengah-tengah jarak tempuh rute perjalanan tersebut.

Perbaikan ini diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian warga yang biasa beraktivitas di terminal dan masyarakat sekitar. Untuk kegiatan rehabilitasi kawasan terminal disiapkan anggaran anggaran sebesar Rp2,5 miliar.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023