Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggalakkan program desa wisata, untuk menggeliatkan sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif.

"Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar sudah menjadi desa wisata, tentu saya berharap desa yang lain juga bisa menjadi desa wisata," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Ahad.

Pemkab Bangka Tengah berupaya desa yang memiliki destinasi wisata unggulan akan dijadikan desa wisata, sebagai daerah tujuan wisatawan lokal dan nusantara.

"Tentu saja kita ingin berdampak terhadap geliat ekonomi masyarakat setempat, terutama usaha ekonomi kreatif seperti suvenir dan makanan khas daerah," katanya.

Bupati meminta kepala desa yang desanya memiliki destinasi wisata unggulan untuk bisa lebih fokus mengembangkan desa wisata.

"Silakan kepala desa bekreasi dan berinovasi dalam mengembangkan sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif," katanya.

Bupati mencontohkan, Desa Perlang saat ini sudah ditetapkan sebagai desa wisata yang sudah dikenal wisatawan lokal dan nusantara dengan adanya kawasan wisata unggulan Danau Pading.

"Bahkan Desa Wisata Perlang meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujarnya.

Bupati juga mengharapkan peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam mengeksplorasi dan mengembangkan potensi wisata baru untuk dikenalkan ke masyarakat luar daerah.

Ia mengharapkan kawasan wisata juga ada di desa lainnya dengan potensi dan daya tarik yang tentu berbeda.

"Jika semua desa menjadi tujuan wisata, maka jelas berdampak terhadap peningkatan sektor ekonomi kreatif yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat," demikian Algafry Rahman.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023