Pangkalpinang (Antara Babel) - Tiga siswa kelas unggulan PT Timah (Persero) Tbk menjadi peserta pertukaran pelajar "Youth Exchange and Study" (YES) di Amerika Serikat guna menuntut ilmu selama satu tahun.

"Saat ini satu orang siswa sudah di Amerika Serikat, sementara dua rekannya akan berangkatkan dalam bulan ini," kata Pengelola Asrama Kelas Unggulan PT Timah (Persero) Tbk, Suparman di Pangkalpinang, Babel, Sabtu.

Ia mengatakan siswa pertukaraan pelajar YES ini merupakan siswa-siswa yang berprestasi dan ini merupakan kebanggan tersendiri bagi daerah tersebut.

"Secara tidak langsung, mereka telah memperkenalkan Bangka Belitung ke dunia internasional," ujarnya.

Ia menjelaskan  sudah banyak prestasi-prestasi yang diraih siswa kelas unggulan di tingkat internasional, di antaranya menjadi peserta pertukaran pelajar YES di Amerika Serikat, In Recognition of  Ouststanding Akade Akademic Achievement  2nd, In Recognition of  Ouststanding Akade Akademic Achievement 3rd.

Selanjutnya prestasi menjadi peserta ASEAN Students Summer Camp Asia Pasifik di Beijing, Jambore ASEAN di Cibubur, pertukaran pelajar Jenesys di Jepang, ASEAN Science Camp dan penulis terbaik esai "See The Future Be The Future"ASC.

"Hingga saat ini kelas unggulan yang dibiayai PT Timah sudah mencapai 15 angkatan dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 747 siswa," ujarnya.

Dalam pembinaan siswa, kata dia, sejak awal pendirian, pengawasan, program kelas unggulan ini dilakukan langsung PT Timah, termasuk pengelolaan sekolah bersama "boarding school" di kompleks Learning Center Pusdiklat Pemali.

"Siswa baru kelas unggulan ini membutuhkan waktu tiga bulan untuk menyesuaikan diri dan masuk ke dalam konseo pendidikan yang diterapkan, karena siswa yang diterima sangat heterogen baik asal daerah, tingkat ekonomi dan karakter kepribadian siswa," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016