Koba (Antar Babel) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung membuka pendaftaran pelayaran Kapal Pesiar Nusantara (KPN) dan Jambore Pemuda Daerah (JPD).

"Pendaftaran sudah kami buka sejak Januari hingga 29 Februari 2016 dan saat sudah tercatat sebanyak 22 orang yang mendaftar," kata Kasi Pemuda pada Disbudparpora Bangka Tengah, Damhudi di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, KPN  bertujuan memperluas wawasan nusantara para pemuda dan berbudaya nasional. Sementara JPD untuk menjalin kerjasama antarpemuda, bertukar informasi tentang budaya lokal serta menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan bagi kalangan pemuda.
   
"Kegiatan ini sangat banyak manfaatnya salah satunya memperluas wawasan nusantara dan berbudaya nasional.  Kemudian menjalin kerjasama antarpemuda dan menghidupkan jiwa leader pemuda sebagai calon seorang pemimpin," ujarnya.
    
Ia mengatakan, pemuda adalah calon seorang pemimpin, tentu harus memiliki wawasan yang luas dan memiliki mental yang kuat," ucapnya.

"KPN dan JPD akan dilaksanakan pada Maret 2016. Persyaratannya  berusia 17-30 tahun, belum menikah, pas photo 3x4 berwarna dua lembar dan surat izin dari orang tua," jelasnya.

Ia mengatakan, seleksi KPN dan JPD ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun untuk memilih pemuda yang andal, memiliki jiwa kepemimpinan dan berwawasan luas.

"Pada 2015 terpilih satu orang yang berprestasi di level internasional di Malaysia.  Sedangkan kategori JPD, sebanyak dua orang yang berprestasi tingkat nasional tujuan Tanjung Pinang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016