Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di daerah itu memperkuat koordinasi pengawasan guna mencegah terjadinya tindak pelanggaran pemilu.

"Koordinasi pengawasan di tingkat kecamatan harus diperkuat sehingga kerja pengawasan di tingkat kecamatan menjadi lebih mudah," kata Ketua Bawaslu Belitung, Heikal Fackar di Sijuk, Belitung, Rabu. 

Hal ini disampaikan Heikal dalam kegiatan rapat Koordinasi Aparatur Pengawas Pemilu dan Konsolidasi Kesekretariatan, Rabu (18/1).

Ia meminta, anggota Panwaslu di tingkat kecamatan memperkuat fungsi kesekretariatan guna mendukung tugas dan kerja pengawasan pemilu.

Baca juga: Bawaslu Belitung buka pendaftaran 49 PKD Pemilu 2024

"Fungsi kesekretariatan adalah sebagai "supporting system" dan "back up" tugas pokok dan fungsi anggota panwaslu tingkat kecamatan," ujarnya.

Heikal menyebutkan, saat ini seluruh sekretariat Panwaslu di lima kecamatan sudah terbentuk.

"Kesekretariatan Panwascam juga sudah diisi oleh tenaga ASN dari Pemkab Belitung sebanyak tiga orang untuk pengelolaan keuangan dan anggaran," katanya.

Ia berharap, para anggota Panwascam dapat membangun komunikasi dengan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan sehingga terwujud pengawasan partisipatif.

"Paling penting adalah pengawasan partisipatif karena program unggulan Bawaslu adalah pengawasan partisipatif artinya merangkul elemen masyarakat bersama Bawaslu mengawasi pemilu," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023