Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan bekal keterampilan bagi para pencari kerja guna menyiapkan sumberdaya manusia berkualitas dan memiliki daya saing di dunia kerja.

"Pelatihan kepada para pencari kerja kita laksanakan rutin setiap tahun dengan beberapa sektor keterampilan, menyesuaikan perkembangan dan kebutuhan saat ini," kata Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangka Barat Yuwanda Eka Putra di Mentok, Jumat.

Pelatihan rutin yang diselenggarakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Bangka Barat setiap tahun meliputi keterampilan otomotif, pengelasan, kelistrikan dan servis pendingin ruangan.

Untuk penyelenggaraan kegiatan pelatihan itu, Bangka Barat telah menyiapkan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten dan dari Pemerintah Pusat.

"Kita juga melakukan kerja sama dengan UPT BLK Provinsi Babel untuk penyelenggaraan kegiatan ini," ujarnya.

Pada 2022 BLK Bangka Barat telah memberikan pelatihan kepada 70 orang pencari kerja, dan bagi para peserta tiga terbaik mendapatkan bantuan peralatan kerja yang diharapkan bisa dimanfaatkan untuk modal membuka usaha mandiri.

Hal ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para peserta sekaligus mendorong agar kelompok usia produktif memiliki keberanian membuka usaha sekaligus membantu menciptakan lapangan pekerjaan.

Selain memberikan pelatihan, pihaknya secara berkala juga memberikan informasi terkait informasi lowongan pekerjaan kepada para pencari pekerjaan.

"Ini salah satu cara kita untuk membantu para pencari kerja agar lebih mudah mengakses berbagai informasi lowongan pekerjaan yang ada di bursa kerja daring," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas PMPTSPNakertrans Kabupaten Bangka Barat, pencari kerja yang mengajukan surat pencari kerja saat ini dari kelompok usia 17-19 tahun sebanyak 34 orang, usia 20-29 155 orang dan usia 30-45 sebanyak dua orang dengan latar belakang pendidikan mulai dari lulusan SMA, Ahli Madya dan Sarjana.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023