Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman meminta pengelola koperasi dapat meningkatkan daya saing untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

"Koperasi harus berdaya saing dan berdaya guna, mampu berinovasi dan bisa merambah usaha ritel," kata bupati di Koba, Bangka Tengah, Bangka Belitung, Jumat 

Bupati menjelaskan koperasi harus adaptif terhadap perubahan dan dikelola dengan tata kelola yang baik.

"Koperasi harus dimodernisasi dengan fokus pada pengembangan sektor riil, kemudahan pembiayaan dan sudah terdigitalisasi," katanya.

Meskipun saat ini sudah banyak usaha ritel yang berdiri, Rahman berharap tidak menjadi halangan bagi Koperasi untuk bisa bersaing.

"Koperasi harus meningkatkan kualitasnya dan koperasi berbasis digital untuk bisa bersaing di pasar ritel," kata bupati.

Bupati mengatakan, koperasi bagian dari kekuatan ekonomi daerah jika dikelola secara profesional dan aktif dalam menjalankan kegiatannya.

"Saya minta dinas terkait bisa melakukan pembinaan dan pelatihan kepada pengurus koperasi agar mampu mengelola manajemen koperasi dengan baik," katanya.

Bupati mengatakan saat ini tercatat sebanyak 135 koperasi yang aktif menjalankan kegiatan simpan pinjam dan serba usaha.

Sebanyak 135 koperasi tersebut terdaftar dan langsung di bawah binaan pemerintah daerah, mereka bergerak dalam bentuk simpan pinjam dan serba usaha," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023