Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan promosi wisata kuliner untuk  meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Negeri Laskar Pelangi itu.

"Kali ini promosi wisata kuliner andalan dengan menggandeng seorang selebgram nasional untuk mempromosikan durian lokal Namlung (Cumasi) dan Super Tembaga. Ini adalah salah satu potensi yang sangat menarik, terutama untuk wisatawan kuliner," kata Sub Koordinator Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Babel Anugrah Gusta Prima di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan promosi wisata kuliner dengan menggandeng selebgram Nabila Gardena dinilai cocok untuk mempromosikan Babel sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memiliki durian lokal dengan cita rasa khas dan enak.

"Durian Namlung dan Super Tembaga sudah diakui para penikmat durian di Indonesia, bahkan sampai luar negeri. Potensi ini yang akan terus kita angkat untuk menarik wisatawan datang ke Babel," ujarnya.

Menurut dia, kehadiran selebgram dalam promosi wisata Babel ini diharapkan bisa dilihat oleh para "follower" yang pada akhirnya akan menguatkan daya tarik Babel sebagai tujuan wisata.

Dalam kerja sama dengan selebgram tersebut, Dinas Parbudkepora Babel bekerja sama dengan Diskominfo melakukan pengambilan gambar dan video di Taman Langsat, Jakarta Selatan dengan fokus ulasan tentang kualitas, rasa, bau dan tekstur durian khas Babel tersebut.

Ia berharap melalui kegiatan publikasi ini, program penguatan promosi dan strategi pemasaran pariwisata Babel dapat berjalan efektif dan berhasil dengan baik.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini, Babel semakin dikenal para pelaku usaha perjalanan pariwisata, wisatawan serta masyarakat luas sehingga nantinya dapat memberikan dampak positif bagi sektor ekonomi, lingkungan, sosial dan budaya Babel," katanya.

Penyediaan video promosi ini merupakan arahan dari Penjabat Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin, guna memaksimalkan potensi wisata Babel, khususnya wisata kuliner, yaitu buah durian yang hasilnya nanti dapat dipublikasikan melalui kanal media sosial Disparbudkepora dan Diskominfo Babel secara baik dan benar sehingga sampai kepada masyarakat luas.

Usai mencoba rasa durian lokal Babel, selebgram Nabila Gardena mengungkapkan rasa kagum dengan cita rasa durian lokal Babel, menurutnya rasanya sangat enak dan manis.

Menurut dia, rasa durian Tembaga Super sangat enak dan khas yang tidak bisa ditemui pada durian jenis lain.

Durian lokal Babel jenis Super Tembaga menjadi salah satu durian unggul nasional dan saat ini menjadi durian termahal di Indonesia dengan harga antara Rp1,5 hingga Rp1,8 juta per kilogram.

Durian ini memiliki tekstur daging buah yang tebal berwarna oranye, biji yang kecil, wangi dan rasa yang khas dan sangat enak dengan dominasi rasa manis.

Sedangkan durian Cumasi atau Namlung dijual Rp500.000 hingga Rp800.000 per kilogram. Durian ini memiliki wangi yang enak juga tekstur daging buah yang tebal berwarna kuning, berbiji kecil, dengan cita rasa enak dan nikmat, perpaduan rasa pahit dan manis yang pas.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023