Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong keberadaan Forum Anak Bangka agar mampu terus melakukan berbagai kegiatan positif untuk menyalurkan hobi dan bakat yang dimiliki.

"Pemkab akan mendukung berbagai bentuk kegiatan yang digagas dan dilakukan anak-anak sebagai upaya membentengi mereka dari berbagai dampak negatif yang terjadi di lingkungannya," kata Asisten Adminitrasi Umum Setda Kabupaten Bangka, Ahmad Muksi pada Kongres Anak di Gedung Gedung Wanita Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, dalam rangka penyelenggaraan perlindungan anak negara dan pemerintah bertanggung jawab menyediakan fasilitas dan aksesibilitas bagi anak terutama dalam menjamin pertumbuhan dan perkembangannya secara optimal dan terarah.

"Dengan adanya forum ini diharapkan anak-anak khususnya yang berada di Kabupaten Bangka memiliki kemauan untuk maju dan ikut berperan serta dalam pembangunan daerahnya," katanya.

Ia menyebutkan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak telah diupayakan Pemerintah Kabupaten Bangka baik di bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial dan pemenuhan sarana dan prasarana olahraga dan hiburan.

"Bahkan dari aspek kehidupan sosial yang dapat kita amati bersama di Kabupaten Bangka tidak ada anak jalanan, gelandangan dan pengemis," katanya.

Namun demikian, menurut dia, pada daerah dan kasus tertentu masih ada anak usia sekolah yang tidak terlayani. "Ini merupakan bahan pemikiran kita semua untuk membantu mengurangi permasalahan yang terjadi pada anak meskipun banyak faktor yang mempengaruhi termasuk faktor lingkungan," katanya.

Ia berharap seluruh elemen baik pemerintah maupun masyarakat bersama-sama memberikan perlindungan dan ruang kepada anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan mendapatkan hak-haknya di bawah naungan kasih sayang.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016